Pengertian Segmentasi Pasar
Pengertian segmentasi pasar secara umum
adalah pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan,
karakteristik atau perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.
Definisi segmentasi pasar juga dapat diartikan pengidentifikasian analisis perbedaan
para pembeli di pasar.
Tujuan
Segmentasi Pasar
Berikut merupakan beberapa
tujuan dan manfaat segmentasi pasar secara umum yang didapat, baik bagi penjual
atau produsen selengkapnya.
- Pasar menjadi lebih mudah dibedakan
- Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat
- Strategi pemasaran dan promosi menjadi lebih
terarah
- Menemukan peluang baru di masyarakat
- Desain produk menjadi lebih tepat
- Strategi komunikasi lebih efektif dan efisien
- Dapat mengetahui kompetitor dengan segmen yang
sama
- Evaluasi target dan rencana bisnis lebih akurat
- Kesempatan pasar dimiliki oleh penjual atau
produsen
- Alokasi anggoran dapat disesuaikan agar lebih
efisien
- Pengaturan produk dan daya tarik pemasaran
dapat direncanakan
- Potensi penyaluran modal usaha lebih besar
Kriteria dan Dasar-Dasar Segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat dan
kriteria segmentasi pasar yang harus dipenuhi. Berikut merupakan kriteria dan
dasar-dasar segmentasi pasar selengkapnya.
- Dapat diukur (measurable), segmen pasar seperti
ukuran atau daya beli harus dapat diukur dengan jelas.
- Dapat dicapai (accesible), segmen pasar harus
dapat dicapai dan dijangkau.
- Cukup besar (substantial), segmen pasar harus
terdiri dari kelompok homogen yang cukup besar dan bernilai.
- Dapat dibedakan (differentiable), segmen pasar
harus dibedakan satu sama lain dengan jelas.
- Dapat dilaksanakan (actionable), segmen pasar
harus dapat dilayani secara efektif oleh produsen.
Jenis-Jenis
Segmentasi Pasar
Terdapat beberapa
pengelompokkan segmentasi pasar yang didasarkan pada segmen tertentu. Berikut
merupakan pembagian kategori dan jenis-jenis segmentasi pasar beserta
penjelasan lengkapnya.
1.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi
Segmentasi pasar ini
didasarkan pada letak geografisnya dan dibagi ke dalam beberapa bagian geografi
seperti negara, wilayah, kota dan desa. Daerah geografi yang dipandang
potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan menjual
produk.
2.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi
Segmentasi pasar ini
didasarkan pada kondisi demografinya. Pada segmentasi pasar ini dibagi dan
diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian
usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi atau tingkat pendidikan konsumen.
3.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi
Segmentasi pasar ini
didasarkan pada kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini akan menelaah
bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stimuli
pemasaran.
4.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya/Sociocultural
Segmentasi pasar ini
didasarkan pada kondisi sosial-budaya. Biasanya segmentasi pasar ini memiliki
variabel seperti sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam
segmen yang sesuai tahap pada:
- Daur hidup keluarga
- Kelas sosial
- Budaya dan sub budaya
- Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global
5.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Hubungan Secara Ekstrim
Segmentasi pasar ini
merupakan bentuk efektif segmentasi bagi penggunaan merek tertentu secara
ekstrem, misalnya saja seperti:
- Tingkat penggunaan: beda segmentasi terletak
pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna
sebuah produk, jasa, atau merek khusus.
- Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen pada
produk, kesiapan membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan
informasi tentang produk tersebut.
- Loyalitas merek: Loyalitas konsumen pada merek
dijadikan perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana
mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi ke orang dengan
karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.
6.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Situasi Penggunaan
Segmentasi pasar ini
didasarkan pada suatu situasi tertnetu yang menjadi kesempatan bagi konsumen
akan membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Segmentasi ini dibuat untuk
membantu perusahaan memperluas penggunaan produknya yang dijual.
7.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Benefit/Keuntungan
Segmentasi pasar ini
didasarkan sesuai dengan menfaat yang dicari dari produk. Secara umum
segmentasi pasar ini didasarkan pada lima keuntungan produk yang utama yakni:
- Fungsional
- Nilai uang
- Manfaat sosial
- Manfaat emosi positif
- Manfaat emosi negatif
8.
Segmentasi Pasar Hybrid/Campuran
Pada segmentasi pasar ini
dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah
segmen tunggal. Misalnya adalah segmen geodemografis, sangat berguna untuk
menemukan prospek terbaik bagi seorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan
kepribadian, tujuan, dan ketertarikan sesuai dengan tempat tinggal konsumen.
9.
Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku
Pada segmentasi pasar ini
dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi pembeli
terhadap suatu produk. Singkatnya segmen ini membedakan konsumen berdasarkan
tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.
Nah demikian referensi
mengenai pengertian segmentasi pasar beserta definisi, tujuan dan manfaat,
kriteria, dasar-dasar penentuan dan jenis-jenis segmen pasar selengkapnya.
Semoga bisa menambah wawasan mengenai apa itu segmentasi pasar dan
macam-macamnya
Komentar
Posting Komentar